Friday , December 15 2017
Home / Fashion / POMADE Si Obat Tampan Para Pria

POMADE Si Obat Tampan Para Pria

POMADE Si Obat Tampan Para Pria
POMADE Si Obat Tampan Para Pria

Pemakaian pomade bermula sejak tahun 1800-an. Selama abad ini, lemak beruang adalah item yang paling umum digunakan. Di awal abad ke-20, bahan lainnya seperti petroleum jelly, lilin lebah, dan lemak babi menggantikan lemak beruang. “Pomade dulunya lebih populer daripada saat ini. Untuk menciptakan model rambut klimis pada laki-laki, beragam produk dan merek pomade yang dipasarkan. Di pertengahan abad ke-20 tren pomade begitu popular.

Elvis Presley (Pomade)
Elvis Presley (Pomade)

“Jauh sebelumnya, kelahiran pomade dapat ditelusuri. Istilah Bahasa Inggris pomade berasal dari Bahasa Perancis pommade, yang artinya ‘salep’. Pomade modern saat ini mengandung bahan wewangian”

Contoh paling umum gaya, katanya, rambut yang cocok menggunakan pomade adalah pompadour, rambut tersapu tinggi ke atas seperti gaya rambut Madame de Pompadour istri King Lous XV. Selebriti yang memakai model ini adalah Elvis Presley. “Model rambut lain yang pas dengan pomade adalah quiff. Model ini menggabungkan model pompadour pada 1950-an dan gaya mohawk. Cirinya adalah rambut di bagian depan kepala disikat ke atas.

Pada masa itu laki-laki memakai pomade yang sangat banyak untuk menahan rambut tidak berubah bentuk. Dalam perkembangannya, terutama dalam budaya urban dewasa ini, laki-laki memakai pomade untuk bergaya. Pomade dipakai untuk menciptakan model spike seperti paku yang berdiri kaku di kepala. Pomade juga seringkali dipakai untuk membuat beberapa gaya rambut klasik. Juga mengesankan tampilan basah pada rambut, meskipun kenyataannya rambut tetap kering.

oil based (Pomade)
oil based (Pomade)
mixed based (Pomade)
mixed based (Pomade)

Pomade terbagi menjadi 3 macam jenis, yaitu oil based, water based dan mixed based. Oil based atau petrol based merupakan pomade berbahan dasar minyak, pomade jenis ini membuat rambut kaku, maksudnya adalah pemakaiannya akan memberi efek yang bisa menahan tekstur rambut yang sudah diatur dalam durasi waktu lama tanpa memberikan efek keras di rambut, tingkat keawetan dijamin lebih maksimal dan lebih mudah untuk ditata ulang, kekurangan dari oil based pomade adalah sulit untuk dicuci, pomade baru akan hilang setelah kurang lebih 5 kali keramas. Berbeda dengan oil based pomade, water based pomade lebih mudah dicuci karena berbahan dasar air. Tingkat keawetan atau hold-nya tergantung dengan merek dan tingkatan jenisnya. Water based pomade cenderung memberikan efek keras seperti ketika menggunakan gel dan lebih mahal daripada jenis oil based. Selain itu terdapat mixed based pomade, jenis ini lebih bisa menahan rambut namun efek shiny yang ditimbulkan akan kurang jika dibandingkan dengan jenis lainnya.

water based (Pomade)
water based (Pomade)

Pomade digunakan tidak sebatas pada rambut di kepala. Dia juga dipakai untuk rambut kumis, jambang, dan jenggot. Kesan lebih gelap, klimis, dan mengilap diasosiasikan dengan model rambut klimis laki-laki. Seringkali terjadi salah kaprah antara pomade dan lilin rambut (hair wax). Mudahnya, pomade memberikan kesan rambut yang licin dan lebih mengilat.

 

 

Related Keywords:

About Graha Jakfash

Hi, I’m Graha.

Check Also

STREET STYLE DI 6 NEGARA LIBURAN FAVORIT

STREET STYLE DI 6 NEGARA LIBURAN FAVORIT

Salah satu hal yang paling dicintai di dunia fashion adalah padu padan yang dikenakan para …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *