Friday , December 15 2017
Home / Entertainment / Pergerakan #SaveMusicIndonesia, Bentuk Apresiasi Masyarakat untuk Musik Indonesia

Pergerakan #SaveMusicIndonesia, Bentuk Apresiasi Masyarakat untuk Musik Indonesia

Save Music Indonesia
Save Music Indonesia

Musisi Indonesia Randy Nidji, Neorotic, juga DEKAT, artis Samuel Zylgwyn, Daniel Topan, Robby Purba, Chicco Jerikho, Pevita Pearce Penulis Wenny Arthalugina, Penyiar radio Reza Alqadri, , turut mendukung pergerakan #SaveMusicIndonesia. Lalu apa yang melatarbelakangi pergerakan yang sudah didukung berbagai kalangan ini?

“Awalnya #SaveMusicIndonesia ini tercetus karena keprihatinan kami selaku pencinta musik melihat perkembangan musik dalam negeri mulai meredup. Pembajakan dan segala jenis ilegalitas tentang musik yang tak pernah menemukan jalan keluar,” kata Dery, salah satu anggota dari pergerakan #SaveMusicIndonesia.

Berawal dari keprihatinan tersebut itulah, melalui pergerakan #SaveMusicIndonesia mencoba menyatukan seluruh kalangan untuk peduli dengan kelangsungan musik tanah air. Bukan saja soal pembajakan di Indonesia yang semakin hari semakin mengkhawatirkan, tetapi juga soal minimnya musik anak-anak saat ini, perdagangan kaset musik yang seharusnya dihargai sebagai karya seni bukan pada tempatnya lagi, perizinan memutarkan musik milik musisi di tempat umum, dan bahkan minimnya karya dari musisi-musisi “asal jadi”.

“Pergerakan ini sebagai salah satu apresiasi terhadap musik, musisi, dan industri musik Indonesia. Pergerakan ini sudah dimulai sejak awal tahun 2015,” lanjutnya.

Sebagai langkah awal pergerakan #SaveMusicIndonsia, pergerakan ini muali muncul secara online melalui website www.campaign.com, dengan domain www.campaign.com/SaveMusicIndonesia. Adanya pergerakan online ini diharapkan semua kalangan dari berbagai kota di Indonesia dapat ikut serta mendukung #SaveMusicIndonesia. Dukungan dalam pergerakan ini berupa foto menutup telinga.

Tidak hanya mengandalkan pergerakan secara online, #SaveMusicIndoensia pun melalukan langkah lainnya untuk memperkenalkan pergerakan ini ke seluruh masyarakat. Mulai dengan langsung turun ke jalan mencari dukungan dan juga bekerja sama dengan sekolah maupun universitas.

Beberapa kerja sama yang telah dilakukan antara lain dengan kampus PERBANAS (Jumat, 24 April 2015) yang menghadirkan NEOROTIC sebagai pengisi acara , juga bekerja sama dengan FIB, UI (Jumat, 15 Mei 2015) dan Politeknik Media Kreatif (Jumat, 22 Mei 2015) dengan menghadirkan DEKAT sebagai bintang tamu.

Tutup Telinga, Tanda Tutup Pembajakan Musik Indonesia.

Mengapa pergerakan #SaveMusicIndonesia disimbolkan dengan gerakan menutup telinga? Filosofi dari gerakan menutup telinga dalam #SaveMusicIndonesia adalah sebagai bentuk cerminan dukungan dari masyarakat pada musik Indonesia. Menutup telinga diartikan sebagai aksi untuk tidak mendengarkan musik bajakan dan tidak memperdengarkan musik yang tidak sesuai umur pada anak-anak.

Bukan hanya itu, gaya menutup telinga adalah sebagai kampanye ajakan kepada masyarakat untuk mendengarkan musik dengan kualitas yang baik. Notabene musik yang baik itu dihasilkan dari musik original bukan musik bajakan dan dihasilkan dari musik yang sesuai dengan usia pendengarnya.

Dengan pergerakan ini, diharapkan dapat mengkampanyekan Stop Pembajakan dan segala sesuatu yang ilegal berhubugan dengan karya musik, membangkitkan kembali musik Indonesia yang mulai redup, meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap kemajuan musik Indonesia, membawa pergerakan #SaveMusicIndonesia kepada institusi-institusi terkait untuk meredam masalah yang ada.

Sampai saat ini #SaveMusicIndonesia masih terus giat mengajak masyarakat untuk turut serta mendukung pergerakan ini, baik dengan mendukung acara musik di sekolah atau universitas, melakukan pembinaan musik ke sekolah-sekolah, mengadakan seminar tentang hukum pelanggaran Hak Cipta di sekolah dan universitas, “hingga akhirnya nanti semoga akan ada konser #SaveMusicIndonesia dan bahkan ada album kompilasi dari beberapa musisi Indonesia,” harapnya.

About jakfash

Check Also

Zaskia Adya Mecca di soft launching muslimarket.com

Belanja sambil Berbagi di Muslimarket.com

Jakarta, 24 Juni 2015 – Pada hari ini e-commerce muslimarket.com yang telah beroperasi sejak akhir April …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *