Friday , December 15 2017
Home / Hangout / Food / MENGARUNGI KEUNIKAN SAMARINDA

MENGARUNGI KEUNIKAN SAMARINDA

Mengarungi Keunikan Samarinda
Mengarungi Keunikan Samarinda

Kota Samarinda merupakan ibu kota provinsi Kalimantan Timur, Indonesia. Seluruh wilayah kota ini berbatasan langsung dengan Kabupaten Kutai Kartanegara. Samarinda merupakan pintu gerbang menuju pedalaman Kalimantan Timur karena kota ini dibelah oleh Sungai Mahakam. Sungai Mahakam sendiri merupakan sungai terbesar di Kalimantan Timur yang dimanfaatkan sebagai sarana transportasi maupun menawarkan obyek wisata. Berbagai obyek wisata lainnya yang ditawarkan di Samarinda bisa menjadi pilihan untuk kunjungan wisata anda berikutnya.

Di Pulau Kumala yang terletak di tengah-tengah Sungai Mahakam merupakan tempat wisata yang mirip dengan Dufan di Jakarta. Di sana anda dapat mencoba beberapa permainan seperti komedi putar, jet coaster, gokart dan sarana lainnya. Bagi yang ingin menikmati kesejukan air, dapat berendam di Telaga Permai Batu Besaung yang juga menyediakan tempat untuk berkemah. Atau Anda bisa mengunjungi Air Terjun Tanah Merah, sebuah air terjun dengan ketinggian 15 m ini, berlokasi di 14 Km dari pusat kota di Dusun Purwasari. Lokasi wisata ini sangat ideal untuk rekreasi keluarga. Fasilitas yang tersedia antara lain pendopo istirahat, tempat berteduh dengan pohon-pohon peneduh, warung serta areal parkir yang luas. Sedangkan Kebun Raya Unmul merupakan hutan pendidikan dan kebun botani yang cocok untuk wisata bernuansa alami. Kebun raya ini memiliki beberapa karakteristik dengan dikembangkannya hutan pendidikan seluas 62.4 Ha menjadi arboretum hutan buatan yang meliputi hutan alam, beberapa jenis hutan tanaman, kebun bunga, kebun buah, kebun palma dan kebun bambu. Selain itu juga terdapat beberapa fasilitas yang menunjang kenyamanan dan aktivitas Anda seperti kolam memancing, sepeda air, restoran dan penakaran satwa liar.

Pembuatan Sarung Samarinda

Pembuatan Sarung Samarinda

Terletak di jalan Bung Tomo Samarinda Seberang. Obyek wisata ini merupakan proses pembuatan sarung tradisional Samarinda, yang berjarak 8 km dari pusat kota Samarinda. Obyek tersebut telah dilengakapi sarana dan prasarana wisata. Kerajian tenun sarung ini pada mulanya dibawa oleh pendatang suku Bugis dari Sulawesi yang berdiam di sisi kiri Mahakam (sekarang menjadi Samarinda Seberang). Hampir disetiap perkampungan suku Bugis (kelurahan masjid Baka) dapat ditemukan pengrajin sarung Samarinda. Alat tenun yang digunakan para pengrajin adalah alat tradisional disebut “Gedokan” atau menggunakan Alat Tenun Bukan Mesin (ATBM). Produk yang dihasilkan untuk 1 (satu) buah sarung memakan waktu tiga minggu. Berdiri sejak 20 Nopember 2011, East Kalimantan Center memberikan kemudahan untuk mendapatkan oleh-oleh khas Kalimantan Timur dan menjadi salah satu tujuan wisata belanja oleh-oleh di Samarinda. Hampir seluruh barang yang ada di East Kalimantan Center ini merupakan produk lokal Kalimantan baik dari Kalimantan Timur maupun luar Kaltim. Produk makanan seperti Amplang Samarinda tersedia berbagai ukuran. Tersedia juga berbagai makanan yang lainnya seperti Lempok Durian atau kerupuk ikan. Selain makanan barang yang dicari untuk oleh-oleh adalah kerajinan manik-manik, kerajinan rotan, ukiran kayu, t-shirt Kalimantan, sarung Samarinda hingga batik Kalimantan.

Masjid Raya Darussalam Samarinda

Masjid Raya Darussalam Samarinda

Masjid Raya Darussalam merupakan daya tarik wisata budaya yang terletak ditengah kota, pada dasawarsa tahun 60-70an. Sekitar awal tahun 1990-an, dilakukan pemugaran menyerupai sebuah Masjid di salah satu tempat di Timur Tengah. Masjid dengan konstruksi beton ini berlantai tiga dan dapat menampung lebih kurang 14.000 jema’ah, serta dilengkapi dengan taman kolam dan perpustakaan. Sedangkan Istana Kesultanan Gunung Tabur adalah sebuah istana Kerajaan yang merupakan hasil pemecahan dari Kesultanan Berau dimana Berau dipecah menjadi dua, yaitu Sambaliun dan Kesultanan Gunung Tabur pada sekitar tahun 1810-an. Kesultanan ini sekarang terletak dalam wilayah kecamatan Gunung Tabur, Kabupaten Berau, provinsi Kalimantan Timur. Terletak di Kota Tenggarong lebih kurang 45 km dari Kota Samarinda, terdapat Museum Mulawarman yang memiliki koleksi tua gamelan, setinggi (singgasana), meriam sapu jagat serta koleksi dari Sultan Bulungan, Sultan Pasir, Sultan Sambaliung dan Sultan Gunung Tabur. Serta terdapat Makam Raja-raja Kutai yang letaknya persis disamping museum. Bila Anda ingin mengenal suku yang terdapat di daerah Kalimantan Timur, Kawasan Desa Wisata Budaya Pampang adalah sebuah Taman Budaya Suku Dayak, di area ini dapat dilihat situasi dan keadaan Desa Suku Dayak Kenyah. Desa Budaya Pampang merupakan alternatif bagi wisatawan yang ingin melihat kehidupan suku pedalaman khususnya Suku Dayak Kenyah. Di tempat ini pula dapat dilihat sebuah Lamin yaitu rumah tradisional Suku Dayak, serta beberapa atraksi wisata seni budaya lainya. Anda juga bisa menyaksikan upacara Pelas Tahun Pampang, merupakan kegiatan budaya yang dilakukan oleh masyarakat Suku Dayak Kenyah sebagai ungkapan rasa terima kasih kepada Tuhan (NASIB) yang telah memberikan anugerah berupa panen dari pertanian masyarakat. Dalam upacara ini dapat disaksikan berbagai tarian yang di tampilkan masyarakat Suku Dayak Kenyah. Upacara ini biasanya digelar pada minggu ketiga setiap bulan Juni.

Amplang samarinda
Amplang samarinda

Makanan khas Samarinda yang patut Anda coba adalah Amplang, merupakan sejenis kerupuk yang berbentuk kotak atau lonjong, yang terbuat dari tepung tapioka, rempah -rempah dan ikan. Gula Gait adalah makanan khas Samarinda yang terbuat dari gulan aren dan gula putih semacam karamel dan di bentuk serupa kayu. Sedangkan Keminting adalah sejenis kue kering yang ibuat dari bahan dasar tepung terigu berbentuk seperti buah kemiri. Anda juga harus mencicipi Lamang, sebuah jajanan khas Samarinda yang terbuat dari ketan yang dibungkus dengan daun pisang, diberi santan dan dimasak dalam batang bambu yang panjang. Dan yang terakhir adalah Ayam Cicane, merupakan hidangan yang diolah dari daging ayam kampung yang disajukan dengan bumbu berwarna kemerahan. Dipilihnya daging ayam kampung karena dagingnya akan terasa lebih gurih ketimbang ayam potong biasa.

Related Keywords:

About Graha Jakfash

Hi, I’m Graha.

Check Also

La Spezia

Menelusuri Liguria Italian Riviera

Liguria adalah wilayah pesisir utara-barat Italia, di mana Genoa sebagai ibukotanya. Daerah ini populer di …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *