Friday , December 15 2017
Home / Hangout / KYOTO, Kota Seribu Kuil

KYOTO, Kota Seribu Kuil

Ninnaji Temple in Kyoto
Ninnaji Temple in Kyoto

Jika Anda penasaran seperti apa kehidupan di Jepang pada masa lalu, kota Kyoto akan memberikan gambaran sepenuhnya. Salah satu tempat yang wajib Anda kunjungi adalah Toei Uzumasa Eigamura, atau lebih dikenal sebagai Toei Kyoto Studio Park, yang merupakan satu-satunya theme park di mana Anda dapat mengamati secara langsung pembuat film drama periode jepang (Jidaigeki film). Dengan set mengambil zaman Edo, studio ini telah digunakan untuk lokasi syuting untuk lebih dari 200 film, dan uniknya Anda dapat bebas berkeliaran di wilayah tersebut. Anda juga dapat berpakaian ala Samurai, Ninja atau Geisha dengan bantuan para desainer kostum dan stylist professional yang tersedia dalam studio. Selain itu, studio ini mempunyai aktrasi menarik lainnya seperti menelusuri rumah hantu dan memecah teka-teki yang ada dalam Ninja Mystery House. Sedangkan Gion Corner dikenal sebagai wilayah para Geisha yang terletak di sekitar antara bagian timur kuil Yasaka dan sungai Kamo. Gion adalah lokasi yang sarat dengan toko, restoran dan Ochaya (kedai teh), di mana geiko (dialek Kyoto untuk geisha) dan maiko (geiko magang) akan menghibur para turis.

Funaoka Onsen Kyoto
Funaoka Onsen Kyoto

Funaoka Onsen adalah salah satu rumah mandi ikonik di Kyoto. Selama lebih dari seratus tahun penduduk setempat dan wisatawan yang ingin menyegarkan tubuh mereka dengan berendam di tempat tersebut. Bahkan, banyak yang mengklaim kalau rumah mandi tersebut adalah yang terbaik di seluruh Kyoto. Atau Anda bisa mencoba ke Asahido Massage Therapy Clinic, sebuah tempat pijat dengan megunakan tehnik Shaitsu yang otentik tanpa mengunakan miyak. Terletak di pusat Kyoto, Klinik ini bermarkaskan disebuah machiya (gaya tradisional rumah Kyoto) sehingga menawarkan suasana yang asri dan santai. Bagi Anda yang suka seni, Kashogama Pottery School menawarkan Anda untuk mencoba membuat tembikar ala motif Kiyomizu-yaki, yang merupakan motif gaya Kyoto yang cukup terkenal. Sedangkan yang suka memasak, Haru Cooking Class menawarkan masakan rumah untuk menu sehari-hari atau menu untuk vegetarian. Kelas dikelola oleh keluarga Taro Saeki yang tinggal di Kyoto. Anda akan diajak ke rumah mereka untuk memasak bersama-sama, serta akan memberi Anda wawasan tentang kehidupan Jepang sehari-hari.

Kuil Heian Jingu (Kyoto)
Kuil Heian Jingu (Kyoto)

Ada ribuan kuil yang bertebaran di Kyoto yang bisa Anda kunjungi. Tetapi Kuil Enryakuji dan To-ji adalah kedua kuil yang patut anda singgahi , karena merupakan contoh yang paling menonjol dari tradisi esoteris agama Budha. Sedangkan lima besar kuil Budha di Kyoto mencakupi Kuil Nanzenji, Shokokuji, Tenryuji, serta Kinkakuji dan Ginkakuji. Shinto adalah agama asli bangsa Jepang yang memiliki tradisi yang cukup unik. Proses terbentuknya, jenis upacara keagamaannya maupun ajaran-ajarannya memperlihatkan perkembangan yang sangat rumit. Banyak istilah-istilah dalam Shinto yang sukar dialih bahasakan dengan tepat ke dalam bahasa lainnya. Shinto adalah suatu kepercayaan dimana terdapat jutaan dewa yang dapat disembah. Kuil Shinto yang terpenting di Kyoto adalah Kamigamojinja dan Shimogamojinja, yang konon merupakan tempat bersemayamnya para dewa petir, sedangkan Yasakajinja, merupakan kuil dimana dewa kemakmuran dan kesehatan disembah.

National Museum (Kyoto)
National Museum (Kyoto)

Bagi yang ingin bernostalgia dan ingin mengetahui sejarah kota ini, Kyoto National Museum adalah salah satu museum yang sering dikunjungi di Negara Jepang. Sebuah museum yang terletak di kawasan Higashiyama dan memiliki Koleksi terdiri dari peninggalan masa pra-modern Jepang dan kesenian Negara-negara Asia lainnya. JiKa ingin sesuatu yang berbau unik atau lebih modern, Kyoto International Manga Museum adalah museum pertama yang khusus ditujukan untuk manga. Museum yang memiliki koleksi sekitar 200.000 manga ini juga memperlihatkan berbagai karya lainnya yang menakjubkan, mulai dari majalah Jepang abad ke-19 sampai buku-buku kontemporer yang populer dari Jepang maupun luar negeri.

minamiza theatre (kyoto)
minamiza theatre (kyoto)

jika Anda suka menyaksikan pagelaran seni, Minamiza theatre adalah tempat Anda untuk menyaksikan kabuki,yang merupakan seni teater tradisional khas Jepang yang terkenal dengan kostum mewah dan tata rias wajah yang mencolok. Selain kabuki, Minamiza juga mempertunjukkan konser musik dan raguko (pentas riang jenaka). Festival-festival yang ada di Kyoto juga merupakan aktrasi yang menarik untuk disimak. Contohnya seperti Aoi Matsuri, atau dikenal dengan sebutan Kamo Festival, adalah festival yang diselenggarakan di kuil Kamigamo dan Shimogamo disetiap tanggal 15 Mei. Nama festival ini berasal dari tradisi mempersembahkan bunga spesies geranium (aoi) kepada para dewa. Kemudian dilanjutkan dengan tradisi menghiasi candi, para peserta, kereta sapi dengan daun geranium, dan mengenakan kostum elegan era Ocho yang melambangkankehidupan di Kyoto pada masa lalu. Sedangkan Jidai Matsuri adalah festival yang diselenggarakan yang diselenggarakan pada tanggal 22 Oktober setiap tahun di Kyoto. Merupakan festival yang dapat dinikmati oleh segala usia dengan ikut berpartisipasi dalam parade pemeragaan sejarah dengan mengenakan kostum yang mewakili berbagai periode, serta tokoh dalam sejarah feodal Jepang.

kaiseki ryori kyoto
kaiseki ryori kyoto

Sebagai kota yang dulunya pusat kekaisaran Negara Jepang selama lebih dari seribu tahun, Kyoto memiliki tradisi kuliner yang kaya dengan cita rasa. Hidangan yang disajikan dikota ini sangat beragam, mulai dari Kaiseki ryori, Shojin ryori sampai ke gaya masakan rumah seperti Obanzai ryori. Walau sekarang banyak restoran yang melihat ke masa lalu untuk inspirasi, banyak restoran yang lain bereksperimen untuk menciptakan rasa yang baru. Contohnya seperti restoran fusion, yang menggabungkan bahan dan teknik masakan Kyoto dengan gaya memasak dari Negara lain, juga dapat Anda jumpai di Kyoto. The Pontocho, sebuah kawasan kehidupan malam adalah salah satu tempat terbaik untuk menemukan restoran fusion yang letaknya berseberangan dengan restoran tradisional. Dan Gion juga menawarkan berbagai peluang makan yang menarik, seperti halnya wilayah Stasiun Kyoto.

Kaiseki ryori
Kaiseki ryori

Kaiseki ryori berawal dari upacara minum teh, kemudian berkembang menjadi popular di kalangan aristokrat. Kaiseki ryori menekankan pada ras ayang halus dari bahan-bahan lokal yang tersedia dalam suatu musim. Hidangan tersebut memiliki program urutan yang telah ditentukan yang dengan metode memasak tersendiri untuk setiap hidangan. Kaiseki merupakan hidangan dikembangkan dari gaya hidup kaum bangsawan, sedangkan Shojin ryori dikembangkan dari gaya hudip dari para biksu. Merupakan hidangan yang terdiri dari sayur mayur seperti tahu, yang merupakan bahan yang umum untuk Shojin ryori. Walau terkesan sederhana, hidangan ini tetap terasa gurih dan cukup mengenyangkan. Obanzai Ryori adalah masakan rumah tradisional yang terdiri dari beberapa hidangan kecil yang biasanya cukup sederhana dalam mempersiapkannya. Meskipun metode memasak tidak rumit, hidangan tersebut dapat dibuat menjadi penuh dengan cita rasa oleh seorang koki terampil yang mampu mengeluarkan rasa alami bahan yang dipakai.

About Graha Jakfash

Hi, I’m Graha.

Check Also

La Spezia

Menelusuri Liguria Italian Riviera

Liguria adalah wilayah pesisir utara-barat Italia, di mana Genoa sebagai ibukotanya. Daerah ini populer di …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *