Friday , December 15 2017
Home / Entertainment / CARA TEPAT BRANDING PRODUK

CARA TEPAT BRANDING PRODUK

Cara Tepat Branding Produk
Cara Tepat Branding Produk

Salah satu aspek paling penting ketika Anda ingin memulai bisnis dan meningkatkan performa penjualan adalah brand (merek). Brand adalah identitas yang paling melekat dan diingat oleh konsumen dari produk/jasa bisnis Anda. Selain itu brand yang kuat dan baik juga membawa imbas untuk menciptakan loyalitas konsumen. Jika konsumen sudah nyaman atau cocok dengan brand Anda, mereka akan jarang berpindah ke brand lainnya.

Walaupun begitu, kecocokan konsumen dengan sebuah brand tidak hanya diukur dari nama mereknya, namun juga aspek seperti kualitas produk/jasa yang ditawarkan, pelayanan ke konsumen yang memuaskan hingga sisi kompetisi seperti persaingan harga juga akan menentukan preferensi konsumen. Semakin puas konsumen, semakin tinggi juga nilai jual brand Anda.

Tips tepat branding produk:

  • Pilih nama yang sederhana dan mudah diingat

Tidak selamanya Anda harus membuat nama brand dari bahasa asing, terkadang nama brand yang sangat lokal justru akan mempunyai keunikan tersendiri di mata konsumen. Untuk beberapa kasus, Anda juga tidak perlu takut untuk memilih nama brand yang catchy (norak atau lucu) karena konsumen di pasar kita suka membicarakan nama brand yang unik, dan pastinya akan menempel di kepala mereka.

Contoh Brand Fashion Dunia
Brand Fashion Dunia
  • Buat logo yang baik

Selain nama, logo brand Anda adalah identitas lain yang tak bisa lepas. Buatlah logo yang mencerminkan nama dan produk/jasa Anda, atau terjemahkan filosofi bisnis Anda ke dalam bentuk visual logo ini. Logo akan menjadi komunikasi yang diingat oleh konsumen Anda tanpa batasan bahasa.

Contoh Brand Fashion Dunia
Logo Brand Fashion Dunia
  • Siapa target market Anda

Tetapkanlah target pasar untuk produk/jasa yang Anda tawarkan. Jika Anda ingin mencitrakan brand Anda premium dan meraup pangsa pasar kelas atas, maka imbangin dengan kualitas produk dan pelayanan yang premium pula. Ketika Anda sudah tahu siapa target pasar Anda, Anda akan dengan mudah bisa menjahit strategi promosi yang relevan dengan segmennya.

Contoh Target Market Fashion
Contoh Target Market Fashion
  • Promosi mendongkrak penjualan

Sebagai pelaku bisnis dan pemilik satu brand, pastinya Anda ingin jika brand Anda dibicarakan dan disukai oleh banyak orang. Dan untuk mendongkrak penjualan, pastinya Anda butuh promosi yang tepat sasaran dengan target pasar Anda. Dewasa ini promosi berbudget rendah di sosial media akan membantu membangun nama brand Anda di pasaran.

Contoh Target Market Fashion
Contoh Promosi
  • Cari endorser atau influencer

Anda juga bisa membangun brand dan membuat satu image tertentu ketika Anda mempunyai endorser atau influencer yang sesuai dengan identitas brand Anda. Selebriti atau komunitas tertentu bisa menjadi pilihan endorse yang baik untuk brand Anda, sekalian untuk “menumpang” ketenaran mereka.

Contoh Target Market Fashion
Endorser Brand
  • Berteman dengan media

Anda tahu, kan, media memiliki efek sangat besar untuk memengaruhi penilaian masyarakat? Jadi, jangan hanya duduk berdiam diri dan berharap media akan mencari Anda. Kirimkan press release dan contoh produk atau undangan untuk menghadiri peluncuran produk.

Contoh Target Market Fashion
Media Promotion
  • Bangun sinergi

Ikutlah program afiliasi atau kerja sama dengan produk atau brand lain. Misal, dengan membeli produk Anda, maka pembeli akan mendapatkan potongan harga untuk produk B dari brand lain. Atau cara lain, bergabunglah dalam event-event besar di kota Anda sebagai sponsor. Makin sering Anda ikut event, maka makin cepat brand Anda diketahui dan dikenal oleh target market Anda.

Membangun Sinergi
Membangun Sinergi
  • Tonjolkan sisi kompetisi

Persaingan membuat kita dan si pesaing berlomba untuk memperbaiki kekurangan dari produk atau jasa. Ciptakan suatu keunikan dari produk atau jasa Anda yang tak ada di produk pesaing. Jangan lupa untuk terus mengevaluasi ulang hasil promosi dan branding yang sudah Anda lakukan secara berkala. Perhatikan cara yang Anda lakukan, apakah sudah sesuai target market atau belum, agar brand Anda bisa terus dikenal oleh customer.

Promosi Produk
Promosi Produk

About Graha Jakfash

Hi, I’m Graha.

Check Also

Peluncuran Buku "Color Therapy & Beauty Book" bersama (Ki-Ka) Dewi Sandra, Carolina Septerita (Make Up Artist Wardah), Andini Aska (Brand Development Wardah), Rosdiana Setyaningrum (Psikolog)

Eksplorasi Warna Make-Up bersama Wardah Cosmetics

Jakarta, 26 Juni 2015 – Ingin terus berbagi inspirasi membuat Wardah Cosmetics tidak pernah berhenti …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *